Generasi 90an : Buku Tahunannya Generasi 90an

By Opie - 4/21/2013 04:28:00 PM

heyhoo, baru nongol lagi :D


gak kerasa udah 2 bulan aja dari postingan terakhir, cepet bener.. liwat juga deh target gw posting sebulan 2 kali.. :p

abisnya selain kerjaan baru dan musim baru motogp, gw belom nemu topik menarik sih untuk di share selama 2 bulan terakhir ini, mao share soal kerjaan males ngetiknya panjang banget kalo diceritain, soal motogp kayanya sekarang udah banyak blogger2 dan member2 forum yg lebih sotoy dari gw bertebaran di dunia maya, dan lagi hasil race qatar kemaren masih terlalu mainstream untuk dibikin postingan (kecuali marquez yg naik podium) :p

tapi akhirnya semalem gw nemu topik yang asik juga nih kayanya untuk di share, topik ini datang tidak lain dan tidak bukan dari situs pengumbar burung 'twitter', jadi ceritanya semalem pulang kerja buka timeline twiter gw liat temen masa kecil gw yg meng 'RT comment' sebuah akun anonim bermention @Generasi90an yang waktu itu klo gak salah temen gw meng 'RT comment' kan updatean status si akun anonim yg bertwit begini

@Generasi90an : Apa iklan 90an yang paling lo inget?

sebagai anak yg tumbuh di era 90an tentu gw panas donk baca twit model begitu, dan tau ending nya apa..

gw reply ?
gw RT ?
gw RT comment-in ?
gw favorite ?

KAGAK !!

gw kepo-in timeline nya tuh akun twit per twit ampe twit 3 bulan yg lalu

freak ? 

bodo :D


dan sesuai dengan nama akunnya ternyata emang isi twitnya '90an' banget, sampe akhirnya dari ribuan twitnya gw tau ternyata si akun ini udah nerbitin buku yang konon katanya adalah sebuah 'mesin waktu', makin excited lah gw yang emang selalu tertarik dengan hal2 yg berbau jadul dan time travel. akhirnya kemaren siang panas2 gw bela2in nyari bukunya ke sebuah mol di kota gw yang dimana populasi pengunjung alaynya lebih banyak dari pembeli seriusnya, malesin sih emang ya tapi begitulah gw kalo udah tertarik sama satu hal, biasanya gak sabar pengen buru2 explore.

dan akhirnya dapetlah sebuah buku dengan design cover yang rada norak (imho loh ya :p) tapi gak bisa dipungkiri menggambarkan 90an banget, warnanya gemerlap banget kaya lampu2 disko gimana gitu :D




sebetulnya tema2 tentang 90an gini udah sering sih jadi topik pembahasan di forum2 kaya kaskus, dll atau juga di blog2 para blogger, tapi yang beda disini Marchella selaku penulis buku ini punya inisiatif yang cerdas untuk membukukan topik ini, yang menurut gw idenya cukup original, dan lagi kalo gak salah gw pernah baca di mana gitu kalo buku ini project thesis nya si penulis kalo gak salah loh ya CMIIW, ibaratnya makan telor dadar minum es teh manis, thesis kelar buku laris :p
emang klo diliat sekilas buku ini keliatannya segmented sih, tapi percayalah gak sedikit jumlah manusia2 yang terlibat di era 90an yang udah lupa rasanya baca buku gara2 keseringan baca timeline :p

seperti biasa gw gak bakal review detil tentang konten lembar per lembar dari buku ini, kesian penulisnya kalo semua gw umbar disini, ntar gak laku :p

klo dari kontennya menurut gw sih ini dibilang buku bukan, dibilang majalah juga bukan, abis kalo dibilang majalah dia gak rutin terbit.. tapi kalo dibilang buku ya isi kontennya emang mirip majalah banget.. tapi terlepas dari kategorinya buku atau majalah gak usah diambil pusing, biar tuhan dan penerbit yang menentukan, kita mah tinggal baca doank gak usah ribet2. 

masuk ke halaman pertama Marchella FP si penulis buku ini langsung men-trigger memori kita2 yang tumbuh di era 90an dengan hal2 dan benda2 yang memorable abis di masa itu mulai dari mainan pancingan, cetokan, tutup botol gatorade, anak mas, balon tiup, inline skate, dll
lanjut ke datar isi dan menu utama buku ini dibuat dengan beberapa part, what we watch, what we hear, what we wear, dan what we play di era 90an, bayangin deh tuh apa aja yg kita pake, denger, mainkan, tonton di era 90an, kebayang kan serunya gimana pas baca lembar per lembarnya, gw yakin rata2 apa yang kalian bayangin pasti ada di buku ini..
pokoknya yang jelas ini buku bakal bener2 mengeksploitasi memori masa kecil / masa muda orang2 yg tumbuh di era 90an.

dan gw bisa tebak, ekspresi kalian pas baca buku ini lembar per lembar pasti gak jauh2 dari komen2 model begini

"anjir ini kan mainan gw nih"

"ya ampun, sekarang masih ada yang jual apa tuh ?"

"gile, gw masih punya tuh ginian"

"wahahaha dulu 200 perak nih dibelakang sekolahan"

"buset udah kemana tuh ginian punya gw"

"oh iya lo kan dulu pernah minjem ginian ke gw tapi gak lo balikin"
--> edisi baca bareng temen seangkatan

"wihh gak pake baju"

kerenan dikit mungkin ada sebagian dari kalian yg bongkar lemari nyari barang2 yang kalian pikir masih ada tapi pas lemari udah berantakan maksimal ternyata barangnya gak ada udah ilang entah kemana, selamat ya.. huehehehehe..


soal harga mungkin emang rada bikin mikir bentar sih, tapi abis itu langsung bodo amatan belinya setelah bayangin kontennya :D
kalo gw pribadi sih worth lah ngeluarin duit 75rb buat nostalgia menarik diri ke masa 20 tahunan yg lalu, juga dengan kualitas kertas dan isi konten yg fullcolor kayanya masih make sense lah, lagian juga generasi 90an kan sekarang kebanyakan udah pada kerja lah jadi penentuan harganya menurut gw lumayan pas sih.

tapi bukannya buku ini tanpa kelemahan juga loh, klo menurut gw (lagi2) ada beberapa hal yg agak ngeganjel. 
pertama, penyajian gambar2 dibuku ini yang kalo gak salah dibuat dengan model dan digambar langsung sama Marchella (CMIIW) jadi satu poin kelemahannya, mungkin bakal lebih asik klo gak semuanya dibuat sketching tapi diselipkan beberapa foto atau dokumentasi asli dari taun 90an dulu walau gw paham sih mungkin effort nya lumayan susah kayanya, misalkan nyari foto anak sma lagi bolos kuliah ke tempat dingdong :p
kedua, durasi baca buku ini cukup singkat maklum sih karna kontennya kan kebanyakan gambar, sebagai gambaran kemaren gw baca buku ini sendirian sambil inul PC gw yg kena virus, baru 80% proses inul, ternyata nih buku udah abis kebaca aja. tapi lain cerita klo bacanya bareng2 ama temen2 kalian yg sama2 tumbuh di era 90an kaya yg di rekomendasiin si penulis di awal2 bagian buku ini, klo bareng2 gitu sih gw rasa bacanya emang paling cuma sejam dua jam tapi ngobrol2 hasil eksplorasi memori dengan trigger buku ini nya itu yg gw rasa bakalan bisa bikin ngobrol dari subuh ampe ketemu subuh lagi :p

oh ya dibuku ini juga kita dikasih bonus loh, stiker2 anti mainstream khas era 90an, kaya gini..


ada yang berani pasang stiker2 ini di gadget kalian ?

gw sih pengen juga nempelin stiker topi tersayang di laptop kerja, unik kayanya, bener2 anti mainstream :p


rasanya gak berlebihan kalo gw bilang generasi 90an ini adalah buku tahunannya anak2 era 90an, karna fungsinya yang sama2 untuk nostalgia dengan buku tahunan kalo kita lulus2an SD, SMP, atau SMA dan sifatnya yang sama2 everlasting, dan juga cocok banget nih buku buat dibawa ke acara2 reuni :D



segitu dulu deh, masih menanti race motogp austin nih :D

see u next post :)


  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Buku ini perlu banget dicari buat anak generasi 90-an! Ini buku masih masuk <a href="http://reviewsbythegeek.wordpress.com/2013/06/26/ww-3/>wishlistku</a>.
    Tahun 90-an ini ngasih q banyak hal loh: kecintaan terhadap anime (tergila2 sama Sailor Moon sampe ngoleksi macem2; ga mo berangkat sekolah kalo tayangan Transformers pagi itu belom selese), adiksi terhadap serial TV Barat & Asia (MacGyver, Knight Rider, Kung Fu: The Legend Continues, Beverly Hills 90210, Rindu2 Aizawa, Pendekar Rajawali booo!), cowo2 cakep di telenovela (mulai dari cowo Gypsy yang di Cassandra sampai Sergio di Marimar), kecintaan terhadap bahasa Inggris (yang semakin diperdalam dg kuliah jurusan Bahasa Inggris–alhamdulillah udah lulus), dan masih banyak lagi.
    Kalo Masnya?

    BalasHapus
  2. halo widi :)

    salam kenal sesama generasi 90an :D

    kayanya terlalu singkat ya klo semua memori di 90an mesti dijelasin dalam satu post

    yang jelas era 90an tuh,
    jaman dimana kalo kita mao makan gak pake di foto dulu,
    jaman yang klo lagi nongkrong bareng saling ngobrol sama temen2 gak nunduk2 liatin gadget, jaman dimana anak2 masih punya dunia nya sendiri (lagu, film, idola),
    jaman yang masih jauh dari hiruk pikuk teknologi kaya sekarang yg kompleks banget,

    btw ud pernah ikut event kopdar generasi 90an ? kayanya seru deh, sayang gw mao ikutan selalu bentrok mulu sama jadwal :(

    bikin playlist 90an di youtube seru nih \:D/

    BalasHapus
  3. wahahaha jadi inget masa2 kecil di thn 90an,

    dulu gak selamanya anak2 laki2 maennya video game kyk sekarang. dulu masih banyak lapangan luas bisa ngadu maen bola sama anak2 SD sebelah, kalau sekarang harus bayar lapangannya seuprit lagi. dulu anak2 90an masih sering maen gobak sodor, bentengan, lompat tali ,kyknya sekarang sdh mulai hilang tergantikan game warnet, android, twiter, fb. tahun 90an kayak masa emasnya anak-anak, gak ada racun dari dunianya orang2 dewasa. contoh ada lagu khusus anak2, acara khusus anak2, sekarang anak2 dijejelin sinetron2 gak jelas dan lagu2 cinta2an yg seharusnya bukan komsumsi mereka. kasian anak2 sekarang kehilangan dunianya,

    salam generasi 90an

    BalasHapus