Birdman (2014) : Resiko Psikologis Seorang Pemain Peran

By Opie - 2/07/2015 11:37:00 PM

hai.. hai.. hai..

wow ga terasa udah hampir 2 tahun gw gak pernah nulis lagi disini, 
yah memang terlalu banyak alasan lah kenapa gw sampe gak nulis selama 2 tahun belakangan ini, mungkin klo kalian dulu baru punya anak yg masih baby born mungkin sekarang udah bisa jalan kali ya

ga tau kenapa hasrat pengen nulis gw tiba2 muncul lagi begitu aja, dan kebetulan kemarin gw baru abis nonton film ini



yup, Birdman (2014)

jadi ceritanya pada jumat malem kemaren, kantor gw hanya tinggal menyisakan beberapa survivor (baca:karyawan ga punya acara) saja, bingung mao ngapain akhirnya gw dan beberapa survivor ini memutuskan nonton film bareng2 dengan ekspektasi kita akan nonton film komedi, yah setidaknya gw sih emang yang membuat mereka berpikiran demikian karna sempet ada obrolan model begini

gw : "nonton yuk, gw punya Birdman nih blom di tonton"
survivor 1 : "yuk yuk, nonton di ruang meeting aja colok proyektor"
survivor 2 : "wihh kece tuh, ayo dah, awesome !"
survivor 3 : "emang itu film apaan pi ?"
gw : "Birdman, manusia titit, komedi kayanya"
survivors : "AYOOOKKK"
entahlah kenapa mereka ini sangat bersemangat dengan cerita manusia titit -_-

gw sih bukan tanpa alasan menduga2 klo film ini bergenre komedi, secara bisa diliat sendiri kan tuh posternya diatas gambar siluet superhero model burung perkutut gitu, dan lagi di imdb emang genre nya di tulis drama komedi, jadi yah ekspektasi gw film ini mungkin model2 film kaya Super (2010) atau Superhero Movie (2008)

singkat cerita masuklah kita berempat ke ruang miting, colok proyektor dan mulai nonton filmnya, film mulai berjalan 5 menit.. 10 menit.. 15 menit.. sampai akhirnya kita sadar ini bukan film komedi melainkan film yang membawa isu cukup serius soal pergelutan psikologis seorang aktor dalam dunia seni peran di negeri paman sam, dan yang cukup mengejutkan buat gw film ini hadir dengan jajaran cast yang bisa dibilang all star sebut saja nama2 seperti

  • Michael Keaton (Batman, Batman Returns)
  • Edward Norton (The Incredible Hulk, Fight Club)
  • Naomi Watts (21 Grams, Kingkong)
  • Emma Stone (The Amazing Spiderman, Crazy Stupid Love)
  • Zach Galifianakis (The Hangover Trilogy, Due Date)
  • Andrea Riseborough (Oblivion, Welcome to The Punch)
bayangin hampir semua aktor untuk lead role film ini pernah bermain di film2 box office papan atas hollywood dan beradu akting di film birdman ini, gw mulai mikir ini bukan film sembarangan pasti

cerita bermulai dari Riggan Thomson (Michael Keaton) seorang aktor gaek mantan pemeran superhero legendaris Birdman, di masa tua nya ini Riggan yang masih belum mampu 'move on' dari besarnya karakter birdman yang pernah ia perankan secara mendalam di masa lalu mencoba membangkitkan karirnya lewat seni peran di broadway, tentunya tekanan dan dunia peran di broadway sangat berbeda dengan hollywood, terlebih dengan imej Birdman yang terlanjur melekat dalam diri Riggan sendiri, sementara misi besar Riggan dalam film ini adalah menggelar pementasan perdananya di broadway, nah pertanyaan besarnya adalah mampukah Riggan lepas dari bayang2 Birdman untuk menjalankan peran dan pementasannya ini ? 
saksikan di toko matrial terdekat ! 
lu tonton dah tuh engko2 nimbang paku

becanda ah elah serius bener sih bacanye :)))

untuk yang belum nonton filmnya mungkin bisa langsung skip aja kali ya, karna sedikit banyak tulisan dibawah ini menurut gw sih mengandung spoiler2 gitu :D

lanjut..

dalam proses produksinya untuk membangun pementasan ini Riggan bekerja sama dengan pengacara sekaligus teman baik nya, Jake (Zach Galfianakis) ini orang aktingnya keren banget disini bisa lepas dari imej komedinya sampe gw gak ngeh sama sekali pas nonton kalo si Jake ini ternyata si Alan nya The Hangover, gw baru ngeh pas liat all cast nya di imdb abis nonton, totally ketipu gw, -__-

lalu ada beberapa pemeran pendukung yang turut terlibat dalam proses produksi drama teatrikal ala Riggan ini, diantaranya Mike (Edward Norton) seorang aktor hollywood kawakan yang arogan, Lesley (Naomi Watts) seorang aktris yang baru merintis karir di dunia peran broadway, dan Laura (Andrea Riseborough) sebagai kekasih Riggan yang juga turut masuk dalam jajaran aktris di pementasan ini,

konflik2 antar karakter yang diciptakan dalam film ini menurut gw lumayan menarik, salah satunya ketika arogansi Mike saat preview pementasan beradu dengan karakter Riggan yang cenderung keras dan emosional, menurut gw pribadi kualitas akting Michael Keaton dan Edward Norton disini sangat amat patut di apresiasi terlebih ketika scene Mike dan Riggan beradu mulut soal scripting pementasan, buat gw ini adalah memorable scene dalam film ini, kita sebagai penonton dibuat melihat akting di dalam akting, tidak hanya itu isu yang terjadi antara Riggan dan anak semata wayangnya Sam (Emma Stone) juga disajikan dengan menarik dimana Riggan dituntut mengorbankan sesuatu yang berharga untuk Sam demi kelangsungan pementasan ini, belum lagi konflik antara Riggan dan Birdman yang selalu menimbulkan perang psikologis di dalam pikirannya sendiri

namun menurut gw pribadi (lagi) semua kelebihan2 dalam film ini bukannya tanpa celah, salah satu nya adalah entah kenapa ada beberapa scene yang ketika melibatkan Lesley dan Laura yang seharusnya menjadi bumbu konflik dalam film ini malah terlihat sinetron banget, dan juga keberadaan kedua karakter ini yang menurut gw tampaknya terlalu boros untuk hadir bersama2 dalam film Birdman ini, hemat gw sih dua karakter ini seharusnya bisa dilebur jadi satu karakter aja yang cukup kuat, dan juga film ini kayanya gak cocok untuk orang yang gak suka film2 banyak ngomong karna kayanya akan terasa lama nonton film ini secara banyak banget ngomongnya

lalu mampukah Riggan lepas dari bayang2 Birdman selama ini ? dan sukses kah pementasan broadway pertama nya ?
gw ga akan cerita ending nya gimana, mending di tonton aja sendiri yah biar seru, yang jelas abis nonton film ini gw jadi mikir resiko jadi aktor itu bukan hanya cedera fisik aja namun ketika bermain peran secara mendalam bahkan bisa menimbulkan cedera psikologis juga, menurut gw ini lah poin utama dari film ini, walaupun ini bukan kali pertama sih gw liat isu ini di film2 nya hollywood, dulu pernah nonton Tropic Thunder (2008) dimana Tug Speedman (Ben Stiller) yang juga terjebak di dalam peran yang dimainkannya

overall film ini recommended lah buat tontonan ngisi wiken atau pulang kerja, tapi sekali lagi jangan salah mengira ya kalo film ini film komedi, walaupun di imdb ditulis nya komedi tapi menurut gw ini lebih ke drama cenderung serius, ya memang ada sih beberapa scene yg lumayan bikin agak nyengir2 tapi buat gw itu semua ketutup sama besarnya isu yang coba diangkat oleh film ini sendiri soal resiko psikologis seorang pemain peran

oh iya, sekedar info, karna kita salah ekspektasi ngira film ini bergenre komedi pada awalnya, film yang mula nya gw tonton berempat ini pada akhirnya hanya menyisakan gw dan satu orang survivor saja, jadi kayanya film ini emang butuh mood sih untuk nontonnya

IMDB Rating : 8.2/10


segitu dulu deh postingan kali ini, belom kepikiran sih next post cerita ato review apa lagi


see you soon, babaayyy..


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar