21 Grams (2003) : another sotoy review

By Opie - 1/27/2013 02:05:00 PM

Setting : lapak dvd samping kampus
Tahun : 2006
Pelaku : gw (G), temen gw (TG), tukang dvd (TD)

G : "oi coi.. king kong udah keluar nih dvd nya"
TG : "oh iya tuh, cepet juga ya"
G : "cakep banget nih yg main jadi cewe nya"
TG : "iya emang yan, si naomi watts"
G : "bikin gak tenang tidur haha"
TG : "lo nonton filmnya dia deh yan yang judulnya 21 Grams, dia 'main' mulu disitu"
G : "masa sih coi ?"
TG : "iya yan, mantep banget"
G : "bang, ada 21 Gram ?"
TD : "gw gak jual emas.."
G & TG : &%#^@%!$#^#&$!

dan tiba2 minggu lalu, 7 tahun kemudian, gw keinget obrolan cabul dengan temen gw dulu itu di kampus, akhirnya penasaran juga pengen nonton, cari2 referensi dikit tentang film ini di internet kayanya ceritanya bagus juga gak cuma jual 'begituan' nya doank, cast nya juga bukan actor2 sembarangan, gak pikir lama langsung nonton deh semalem..



21 Grams




They say we all lose 21 grams at the exact moment of our death.



begitulah main quote dari film ini, katanya kalo kita mokat kita akan kehilangan 21 gram dari tubuh kita..

bingung ?

sama, itu teori teraneh yang baru pertama kali gw denger seumur hidup.. apakah 21 gram itu berat jantung ? berat paru2 ? atau berat ruh kita ? 
entahlah gw gak ngerti, atau gw nya aja ya yg terlalu cupu untuk bisa mengerti filosofi dari quote itu.. hihihi.. :p

tapi IMHO kalo dari sisi cerita, ide cerita film ini bisa dibilang masuk kategori drama biasa dan gak semembingungkan maksud dari quote diatas itu kok, ceritanya cukup simple tentang 3 karakter yang menjalani kehidupan masing2 tanpa saling mengenal satu sama lain, yang akhirnya ke 3 karakter ini memliki satu keterkaitan yang amat kuat dikarenakan terjadinya satu peristiwa.

terus apa uniknya donk ? 
nah, uniknya film ini ada di alur ceritanya yang berjalan gak linear alias gak beraturan, analoginya gini.. mungkin temen2 pernah dikasih soal model begini pas ulangan bahasa jaman SD dulu,

susun kata2 berikut menjadi kalimat yang sempurna :

T : duren - ojek - membeli - tukang - pasar - disuruh - ke - bapak
J : tukang - ojek - disuruh - bapak - ke - pasar - membeli - duren 

nah kalo kebanyakan film2 pada umumnya berjalan dengan pola susunan kata pada jawaban (J) soal ulangan diatas, maka film ini berjalan dengan pola pertanyaan (T) dari soal diatas. yup, gak berurutan gitu.
mungkin buat temen2 yang baru pertama kali nonton film dengan pola alur cerita model begini akan sedikit bingung nontonnya, tapi kalo kalian udah pernah nonton film2 kaya Memento (2000) atau Mr. Nobody (2009) rasanya film ini akan cukup mudah untuk dimengerti kok.

3 karakter utama dalam film ini adalah Paul Rivers (Sean Penn), Cristina Peck (Naomi Watts), dan Jack Jordan (Benicio Del Toro). Seperti yang udah gw bilang sebelumnya mereka ini sama sekali tidak saling mengenal sebelumnya, sampai akhirnya ada satu peristiwa yang membuat mereka bertiga memliki hubungan saling keterkaitan yang kuat. 
daya tarik dari segi cerita film ini ada pada 3 karakter utama tersebut yang mewakili kehidupan manusia pada umumnya, seperti Cristina dengan keluarga harmonisnya, Paul dengan penyakit dan konflik rumah tangganya, hingga Jack terhadap keyakinannya pada tuhan, sampai akhirnya terjadilah peristiwa tersebut yang mengguncang semua elemen kehidupan 3 karakter ini.
Efek peristiwa itu akhirnya membuat Cristina depresi dan sedih, namun ditengah depresinya dia saling jatuh cinta pada Paul yang secara tidak langsung terlibat dalam peristiwa itu, dan akhirnya Paul yang merasa memiliki hutang budi dan rasa sayang terhadap Cristina, membantunya untuk membalaskan dendam kepada Jack sebagai kunci utama terjadinya peristiwa itu.

terus apa sebenernya peristiwa itu ? dan bagaimana endingnya ?
hehehe.. seperti biasa gw gak bakal kasih tau, gw bukan mafia spoiler, klo kalian penasaran silahkan nonton sendiri aja ya film nya.. :p

jalan cerita film ini bisa dibilang berjalan lambat dengan penuturan cerita yang cukup detail, sempet berasa agak bosen juga sih ditengah2 nonton secara ini film sekitar 2jam-an klo gak salah, tapi kebantu banget sama akting2 dari cast papan atasnya dan juga tidak lupa dengan scene ajibnya si Naomi Watts hihihihi, 
oh iya si Naomi Watts sama Benicio Del Toro masuk nominasi Oscar 2004 loh untuk film ini.

overall film ini cukup recomended buat temen2 yang suka film2 model Memento gitu dengan alur yang kalo kata anak2 jaman sekarang mah anti-mainstream lah gitu, lumayan buat yang lagi bokek kaya gw refreshing depan PC, tapi saran gw sih kalo blom pernah nonton film dengan laur acak adut model begini sebelomnya mending cari mood yang bagus dulu deh buat nontonnya, kalo nggak kayanya bakal ngantuk hihihi..

oh iya kalo temen2 ada yg punya pendapat soal filosofi dari quote 21 grams itu boleh di share donk di comment box, secara gw blom ngerti2 ampe sekarang maksudnya apa.. hahaha :D

segitu dulu deh kesotoyan gw kali ini :p

sampai jumpa di postingan berikutnya.. babayyy.. :)


rating imdb : 7,7
rating pribadi : 7,5

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar