[Review] The Graduate (1967) : ketika pemuda galau digoda high class mommy

By Opie - 12/23/2012 01:52:00 PM

yep ngomongin film lagi, tempo hari dapet resensi film ini dari salah satu forum internet movie gitu, abis baca sedikit resensi dan cek ratingnya kayanya menarik, gak pikir lama langsung cari link donlot nya terus nonton deh








cerita berawal ketika Benjamin Braddock (Dustin Hoffman) pulang ke Los Angeles setelah menyelesaikan sekolah setingkat SMA nya di luar kota, setelah kelulusannya dari SMA orang tua Ben pun mengadakan pesta di rumah nya untuk merayakan kelulusan Ben, kalo disini mah bisa dibilang syukuran lah gitu :p
namun ditengah hiruk pikuk pesta itu ben malah menggalau tentang gimana masa depannya setelah lulus SMA apakah lanjut ke graduate school (kuliah) atau bagaimana?
ditengah kegalauannya itu dia malah dapet godaan dari high class mommy Mrs Robinson (Anne Bancroft) atau kalo anak2 jaman sekarang bilang nya MILF kali ya :D

alur kisah lebih kompleks ketika hubungan perselingkuhan Mrs Robinson dengan Ben sudah terlalu dalam dan Ben mulai tertarik dengan Elaine (Katharine Ross) yang merupakan anak dari Mrs Robinson, gw gak bakal ceritain gimana akhir dari cerita ini dan gimana konflik yang terjadi antara hubungan segitiga yang melibatkan ibu dan anak ini, ntar gw dibilang mafia spoiler lagi :p

mungkin buat kita2 kebanyakan yang tumbuh dewasa di trend era film2 konspirasi dan ber-ending twist seperti sekarang ini, cerita drama film ini bisa dibilang basi dan biasa aja, sinetron banget, cheesy banget, dll, tapi menurut gw semua itu wajar secara ini film rilis di tahun 1967 dan mungkin di era itu cerita model begini adalah ide cerita yang bisa dibilang original, jadi tidak adil rasanya kalo ngebandingin film ini sama drama2 masa kini. 


Bumbu2 komedi ala jaman dulu pun gak lupa masuk kedalam film ini yang cukup bisa membuat gw ketawa2 ringan ngeliat gimana ekspresi dan reaksi anak muda jaman dulu kalo digodain sama tante2, dan salah satu poin yang sangat menarik dari film ini adalah ketika semua elemen2 drama, romantisme dan komedi yang ditampilkan makin terasa asyik saat dilebur dengan soundtrack2 yang IMHO kalo denger soundtrack film ini kayanya tuh nada2 lagu ini emang mengandung unsur2 seducement, drama, keluguan, dan tentunya romantisme ala era 60an, entah siapa dan musisi mana yang bikin original soundtrack nya film ini tapi menurut gw musisi jenius satu itu sukses membuat salah satu poin plus dalam film ini melalui OST nya.

o iya satu lagi, walaupun bisa diitung pake jari film2 era 60-70an yang pernah gw tonton, tapi salah satu poin yang menarik dari film ini menurut gw pribadi adalah teknik pengambilan gambar di beberapa scene yang bisa bikin gw bilang "anjir gimana cara nya tuh" walaupun gw gak tau persis sih jaman dulu udah ada kamera yang mampu melakukan adegan tersebut apa belom, kalo yang udah nonton pasti tau lah ya scene mana yang gw maksud :p

dari sisi cast pun gak kalah oke, 3 karakter sentral dalam film ini di pernakan oleh pemain2 sekaliber Dustin Hoffman (Rain Man 1988), mendiang Anne Bancroft (Antz 1998), dan Katharin Ross (Donnie Darko 2001) dan tentunya mereka masing2 berperan dengan sangat baik menjalankan karakter2 yang diperankan gak heran film ini dapet rating yang lumayan tinggi di IMDB


overall film classic ini menurut gw lumayan oke lah buat ngisi liburan menjelang akhir tahun 2012 ini, terlebih untuk kalian yang males liburan keluar rumah karena macet, banjir, hujan de el el. :D


IMDB Rating = 8.1
Personal Rating = 7.8

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar