Obrolan Timnas di Warung Pecel Lele

By Opie - 12/02/2012 12:42:00 AM

"latihan.. latihan.. latihan mulu, menangnye kagak !!"


masih ingat dengan kata-kata diatas ?

bukan, itu bukan umpatan gw gara garuda tewas di terkam macan alay dalam laga AFF 2012 tadi malem, mungkin kalo kalian yang tumbuh besar di era tahun 90an pernah denger quote diatas dari sinetron legendaris di masa itu, masih gak tau juga? nih gw kasih pic nya deh.. 



yap, itu quote dari Alm. H. Benyamin Sueb pada scene legendaris diatas dalam serial si doel anak sekolahan, gimana gak legendaris bayangin aja ziarah kubur kok di lapangan bola.. wkwkwk..
disitu di ceritakan si doel sekeluarga lagi ziarah ke makam sesepuhnya yang udah digusur jadi stadion GBK, singkat cerita mereka diomelin dan diusir sama pelatih karena lapangan lagi dipake timnas buat latihan, sampe akhirnya bang ben keki dan mengeluarkan kata-kata yang gw tulis diatas tadi

"latihan.. latihan.. latihan mulu, menangnye kagak !!"

*ROTF

udah 19 tahun berlalu dari celetukan Alm Bang Ben tadi, tapi perkembangan persepakbolaan indonesia kayanya gak berubah2 ya dari dulu sampe hari ini, begitu2 aje, gak menang2 !!

gw emang bukan fanatik dan pemerhati sepak bola, paling banter cuma  doyan maen PES aja, kalo nonton bola juga paling sambil lalu doank, sambil sesekali nonton highlight2nya..
jadi gw gak mao ngomentarin terlalu jauh teknik bermain, atau teknik pelatihan timnas masa kini dan masa lalu, karena masih banyak orang2 yang lebih bisa dan lebih jago ngomongin topik itu dibanding gw, di postingan kali ini gw cuma mau share aja gimana pandangan rakyat kecil kaya gw2 gini untuk timnas dan manajemen nya..

menurut gw media di Indonesia ini juga terlalu lebay sih.. kayanya baru menang dikit aja langsung deh diomongin sana sini, pemainnya diundang ke acara sana sini, dipuja sana sini, hasilnya apa..
AFF 2010 ?
Sea games 2011 ?
AFF 2012 ?
tumbang semua kan? sama malaysia lagi.. ckckck
emang permainan dan gol2 nya gonzales, bachdim, andik, dll sangat dan amat pantas untuk di apresiasi.. cuma ya medianya juga gak usah ampe segitu lebaynya kali, karena ujung2nya cuma menghasilkan ekspektasi berlebih untuk pemain dan jutaan suporter indonesia, gak lebih..
 
akhirnya yang mengenaskan, gw pernah liat beberapa pemain timnas yang muncul di sinetron2 gak jelas di tv.. wtf !
bayangin kalo nanti bibit2 atlit ujung2nya orientasi nya bukan jadi pemain bola yang berprestasi tapi cuma buat materi dan popularitas.. amit2 jabang bayi jangan sampe deh..
 
balik ke laga tadi malem, buat gw pribadi yang awam tentang bola sih kayanya permainan timnas di awal2 game cukup bagus ya sampe pas kejebolan satu gol udah deh seperti biasa berantakan sana sini mainnya ampe kejebolan satu lagi jadi 2-0.. :(
 
males liat skor akhirnya pas abis babak pertama, gw tinggal buat nyari makan, bingung muter2 mao makan apa akhirnya gw mampir di warung pecel lele deket rumah, sambil nunggu pesenan karena emang udah lumayan kenal ama si mas pecel lele nya akhirnya gw terlibat dalam obrolan santai singkat sama dia dan satu pengunjung lain berambut kribo yg lagi pesen juga..
 
mas pl = mas pecel lele
kribo = pengunjung kribo
gw = ya gw lah -_-

gw : "gak nonton bola mas ?"
mas pl : "gak mas, kalah kan.."
gw : "haha.. iya tuh udah 2-0 babak pertama"
mas pl : "hahhh gimana mao menang mas orang pada gak bersatu gitu, bikin kompetisi sendiri2.. belom merdeka.."
gw : "haha iya sih ampe ada PSSI ama KPSI gitu"
mas pl : "saya sih bukan ngejelekin orang ya mas, tapi saya sih mendingan kalah di awal2 gini deh daripada pas udah final, kesian pemain ama suporter nya"
kribo : "iya mending kalah deh, ntar kalo menang si djohar arifin gede kepala"
mas pl : "saya sih kesiannya sama pemain ama rakyat nya mas, udah cape2 main cape2 ngedukung, tuh bayangin yang pada dateng dari jawa, dari irian, ke senayan buat dukung timnas ujung2nya cuma di bodoh2in doank ama PSSI"
gw : "di bodoh2in gimana mas ?"
mas pl : "lah iyalah sekarang bola mah udah bukan nyari prestasi lagi, udah dibikin buat bisnis sampe pecah2 jadi dua gitu klub2nya kaya persebaya, persija, arema ujung2nya yang dikejar duit sama kekuasaan, udah gak bakal menang lah mas pokoknya, gak barokah.."
gw : "hahaha iya juga sih mas, pada mikiran isi perut sendiri sih"
mas pl : "iya udah gak bakal menang lah kalo masih begini terus mah"

gak lama pesenan gw mateng, abis kelar beli makan gw balik ke rumah dan seperti yang udah kita semua tau Indonesia digulung Malaysia 2-0 tanpa balas, dan gw mulai berpikir gimana kalo jutaan rakyat indonesia lainnya punya pikiran yang sama kaya si mas pl dan si kribo yang mengharapkan timnas lebih baik kalah gara2 kelakuan para petinggi2 manajemennya? 
 
pernah denger kan klo katanya doa orang2 teraniaya itu manjur? menurut gw kekuatan doa bangsa ini ada di tangan orang2 yang teraniaya tersebut, abis klo diperhatiin kayanya kebanyakan rakyat Indonesia tuh orang2 yang teraniaya gara2 pemerintahannya, yah kalo dari rakyat2 kecil gitu aja udah di doain gak menang, ya gimana mao menang.. keinginan mereka gak muluk2 kok cuma mao petinggi2 rakus kekuasaan diatas sana itu untuk bersatu supaya sepakbola indonesia bisa solid meraih prestasi
 
emang sih klo kita liat laga Indonesia Vs Malaysia kalo lagi berlaga di GBK keliatannya PSSI sukses me-merah-kan stadion dengan ratusan ribu supporter yang berdatangan, tiket pun habis gak tersisa sama sekali, tapi yang jadi pertanyaan PSSI sukses gak me-merah-kan spirit jutaan rakyat Indonesia yang diluar stadion? 
atau ratusan ribu kicauan dukungan buat timnas di twitter? apakah jutaan orang lain yg gak main twitter ikut mendukung juga ?
 
mungkin ada bener nya juga kali ya inti dari obrolan gw dan orang2 seputar timnas di warung pecel lele tadi, mungkin seharusnya Indonesia gak usah berharap menang kalo kondisi internal manajemennya masih carut marut kaya sekarang, prestasi gak dapet, hasil gak dapet, dukungan gak dapet, akhirnya barokah juga gak dapet, ujung2nya kalah mulu dah ! 
 
tapi terlepas dari itu semua, buat gw pribadi gak ada alasan buat kita untuk tidak mendukung timnas merah putih di setiap laga internasional nya.. gak cuma di bola doank ya bisa di badminton, tenis, renang, futsal, catur, atau bahkan kalo ada kompetisi gundu internasional pun sudah seharusnya kita berikan support buat para pejuang kita ini.. :p
catet ! pejuang ya, manajemen nya belum tentu !

dan buat PSSI sih menurut gw kalo emang mao menang, mulailah dengan menaikan harga diri kalian di mata rakyat2 kecil teraniaya di bangsa ini, karena kalo restu dari masyarakat kecil aja gak dapet ya gak usah berharap bisa maju lah.. sampai kapan pun..

yah akhirnya begitulah sekelumit uneg2 gw dan segelintir rakyat jelata lainnya di warung pecele lele tadi seputar timnas kita ini..



kita berjumpa di postingan sotoy berikutnya.. premium rush gw udah minta di tonton nih.. dadahhhh..



  • Share:

You Might Also Like

1 komentar