Review Sotoy Novel 5cm

By Opie - 12/30/2012 01:51:00 AM

Beberapa minggu belakangan ini bioskop2 tanah air lagi di hebohkan dengan 2 film fenomenal adaptasi novel, 5cm dan Habibie & Ainun. Kalo boleh gw lansir dari www.filmindonesia.or.id disini kedua film ini masuk top 3 film lokal terlaris 2012 loh, bahkan 5cm ini cuma ada 1 tingkat dibawah The Raid, dan kedua film ini sama2 diangkat dari novel best seller dalam negeri dengan judul yang sama.

Gw pribadi kalo mau nonton film adaptasi dari novel biasanya gw berusaha baca novelnya lebih dulu sebelum nonton karena walau gimanapun juga versi originalnya kan ya yang versi novelnya, tapi kalo udah terlanjur nonton filmnya duluan kalo gw sih mending gak usah baca novelnya sekalian (99% klo film2 adaptasi novel luar negeri, gw gak pernah baca novelnya :p), karena IMHO seninya baca buku itu adalah ketika susunan huruf dan kalimat2 membentuk imajinasi yang tercipta dengan otomatis di otak kita, pengalaman gw sih yang udah2 klo nonton filmnya duluan baru baca bukunya seninya gak bakal dapet, otak gw gak bisa bikin imajinasi sendiri karena gambaran yang udah gw liat di film gak bisa lepas selama baca bukunya. Begitu juga kalo gw udah baca bukunya duluan pas nonton filmnya selalu ada yang ngeganjel karena gak sesuai imajinasi, terakhir film Negeri 5 Menara, gw udah baca novelnya dan sengaja gak nonton di bioskop karena kayanya bakal jauh dari ekspektasi dan setelah ditayangin di TV bener aja baru setengah cerita gw udah pindahin channel :p

oke balik ke 5cm dan Habibie & Ainun, berhubung pas jajan buku tempo hari gw belom gajian jadi baru beli yang 5cm dulu, yang Habibie & Ainun baru rencana mao beli besok abis cek saldo, jadilah judul postingan kali ini Review Sotoy Novel 5cm, review sotoy Habibie & Ainun nya nanti aja klo udah beli :p

oke ini lah dia buku yang lagi banyak di omongin orang2


5cm.

Donny Dhirgantoro



liat novelnya aja ya jangan mejanya, berantakan ancur lebur..


sebenernya dulu2 udah sering liat novel ini sambil lalu kalo lagi jalan ke toko buku secara ini emang bukan novel pendatang baru, udah rilis dari jaman gw masih SMA kalo gak salah, rada nyesel juga sih baru beli buku ini sekarang yang udah dengan cover movie posternya, padahal cover versi lamanya lebih elegan dan keren menurut gw yang kaya dibawah ini



gambar boleh comot dari google, backgroundnya jangan dibandingin ama novel yg punya gw diatas ya, sungguh sangat berbeda nasib mereka T_T


Cerita dimulai dengan pengenalan masing2 karakter 5 sahabat yang terlibat dalam cerita ini Genta, Arial, Riani, Ian, dan Zafran, mereka ini ceritanya 5 sahabat dari jaman SMA yang terus berlanjut sampe ke masa kuliah. Mereka ini udah kaya power rangers kemana2 selalu berlima ke mall berlima, nonton berlima, nongkrong berlima, makan berlima, mandi berlima

sampe ahirnya di satu titik mereka ngerasa bosen sendiri karena kemana2 berlima mulu..  
bingung kan lo ? merekanya berlima tapi bosennya sendiri ? 
gw juga !
*skip
ya pokoknya gitu lah mereka ngerasa bosen karna kemana2 selalu bareng2 sampe akhirnya mereka memutuskan untuk gak berhubungan suami-istri dulu selama 3 bulan, gak ketemuan, gak telponan, gak sms-an, gak bbm-an, gak whatsapp-an.. 
eh sori 2 poin terakhir blom ada ding pas setting cerita di novel ini :p

Kalo di awal cerita selalu diceritain kegokilan dan kocaknya persahabatan mereka berlima, maka ketika masuk ke dalam cerita saat mereka jeda 3 bulan ini giliran kehidupan masing2 karakter lah ini di eksplor lebih dalam tentang bagaimana mereka menjalani hari2 tanpa para sahabat2nya. Puncaknya setelah 3 bulan berlalu mereka kembali ketemuan dan melepas rindu dengan cara bersama2 mendaki puncak tertinggi di tanah jawa, mahameru. 

Dari segi penulisan dan bahasa asyiknya novel ini ditulis dengan kata2 dan kalimat2 ringan khas sehari2 bukan ala sastra tingkat tinggi jadi lumayan nyaman dan bersahabat dengan otak curut gw ini. Dalam penyajiannya di novel ini Donny menggunakan sudut pandang orang ketiga, jadi emang sebenarnya menurut gw sih gak ada tokoh atau pemeran utama dalam cerita ini semua karakter diberikan porsi yang cukup berimbang. Di setengah bagian pertama dari keseluruhan cerita menurut gw Donny pinter memainkan emosi pembacanya karena dari kocak banget tiba2 bisa jadi agak serius terus kocak lagi abis itu serius lagi seolah2 lagi kaya naik roller coaster naik turun, tapi setengah bagian sisanya menurut gw cenderung datar dan biasa2 aja. Untuk segi pendeskripsian suasana, buat gw Donny cukup berhasil, gw sukses dibawa ikut kedinginan di semeru, kaki ikut berasa pegel & perih, dan ikut berasa susah nafas di ketinggian lebih dari 3000 kaki.

Tapi semua kelebihan itu bukannya tanpa celah, dalam cerita novel ini ada 2 poin yang menurut gw kurang sip, pertama saat Dinda, adik Arial, yang tiba2 ikut dalam perjalanan mendaki mahameru, ini seolah2 kaya dipaksain masuk ke cerita untuk mendramatisasi cerita tentang perasaan cinta salah satu karakter dalam novel ini ke Dinda dengan dibumbui nuansa pendakian gunung. Poin lainnya ada di endingnya, yang menurut gw (lagi) sebenernya ending cerita novel ini udah sangat amat keren dengan twist endingnya namun sayangnya ada satu bab penutup di novel ini yang kayanya malah mengurangi ke-kerenan twist endingnya itu, IMHO akan lebih elegan ending novel ini jika tanpa bab 10 nya. 

Selain dua hal itu tema dan ide cerita novel ini bagus kok, terlebih novel ini rilis di tahun 2005 dimana waktu itu dunia pernovelan Indonesia lagi diserbu tema2 teenlit2 labil gitu jadi menurut gw cerita ini bisa dibilang anti mainstream lah ya di masa itu, dan okenya masih seru dibaca sampe hari ini cerita dan pesan moralnya gak bakalan basi, gak salah kalo dikasih tagline "Buku Indonesia Sepanjang Masa".


oke segitu dulu deh review sotoy kali ini, see you next posting ;)


rating pribadi : 7.5/10

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar