Nightcrawler (2014) : Kisah Serigala Pemburu Berita

By Opie - 2/14/2015 08:20:00 PM

"pi, lo mesti nonton Nightcrawler, itu film keren bangett"

"lo udah nonton Nightcrawler ? gila keren banget Jake Gyllenhaal nya disitu"

"eh temen2 gw di path lagi rame nonton Nightcrawler deh, jadi pengen nonton nih"

"oh Nightcrawler, yang cerita tentang berita2 gitu kan ? bagus tuh"


kurang lebih begitu lah rekomendasi film dari temen2 kantor gw di minggu kemaren, ntah kenapa mereka begitu antusias ngerekomen film ini ke gw, mungkin karna kita emang kerja di salah satu kantor media online nasional kali yah, ya walaupun kita emang bukan tim redaksi nya tapi tema nya pas lah buat anak2 media,

awalnya gw emang lagi agak gak mood nonton film di minggu2 kemaren, tapi karna banyak banget komen anak2 kaya diatas tadi gitu, akhirnya gw penasaran juga sama film ini, sempet liat sih beberapa kali poster film ini kalo lagi buka imdb


Nightcrawler (2014)


first impression gw pas liat poster film ini entah kenapa langsung inget Drive nya Ryan Gosling, itu lah yang bikin gw pada awalnya belum tertarik nonton film ini, tapi itu bukan karena Drive (2011) nya jelek loh ya tapi karena emang lagi bosen aja nonton drama2 crime nya hollywood gitu, klo dari segi judul malah ada salah satu temen kantor gw yang salah kira film ini dengan film The Night Walker (1964) :D

Nightcrawler sendiri adalah istilah untuk para news hunter yang pada umumnya mengumpulkan footage video/foto suatu berita yang biasanya akan mereka jual ke kantor2 media yang ada, menurut film ini para news hunter pada umumnya akan memulai dan melakukan aktifitas hunting berita pada malam sampai dini hari,  mungkin karna itu lah mereka dijuluki Nightcrawler, sejujurnya sebelom nonton film ini gw juga nggak tahu Nightcrawler itu istilah/sebutan untuk apa, jadi setidaknya itu konklusi gw pribadi sih soal istilah ini

cerita film ini sendiri berpusat pada Louis Bloom (Jake Gyllenhall) yang pada mula nya hanya lah seorang pengangguran desperate di kota New York yang bekerja serabutan nyolong sana sini, sampai pada akhirnya ada suatu kejadian yang mempertemukannya dengan Joe Loder (Bill Paxton) seorang Nightcrawler senior yang sudah memiliki jaringan dengan media2 besar New York serta tim yang terorgansir, dari Joe lah Louis mulai mengenal dunia dan bisnis Nightcrawler ini, dalam perjalanannya ia juga dipertemukan dengan Nina (Rene Russo) seorang pimred televisi veteran yang sudah banyak makan asam garam di dunia jurnalistik, secara garis besar begitulah cerita film ini, untuk endingnya gak bakal gw buka disini silakan nonton sendiri aja yah :D

menurut gw pribadi sebenernya jalan cerita film ini biasa aja sih yah ala2 crime drama nya hollywood gitu, tapi pemilihan cast lah yang sangat berperan penting disini, karna menurut gw film ini adalah film yang sangat bergantung pada kualitas akting si pemeran utama, dalam hal ini Jake Gyllenhall, 
disini Gyllenhaal menunjukan kualitas nya sebagai seorang pemain peran, gw angkat topi sih untuk aktingnya dia sebagai Louis Bloom dimana Louis digambarkan sebagai sesosok karakter yang memiliki sedikit jiwa psychopat berdarah dingin dan daya intimidasi yang sangat kuat terhadap karakter2 lawan nya, dan semua itu di representasikan secara apik oleh Gyllenhaal disini

momen yang berkesan buat gw dalam film ini adalah ga tau kenapa mulai dari scene pertama aja dimana menampilkan adegan Louis sedang mencuri kawat pagar, buat gw aura Joker dalam karakter Louis Bloom ini sangat kental terasa dan ini terus terasa sampe film ini habis, gak tau ini cuma perasaan gw aja atau emang karakter Joker yang dijadikan salah satu objek observasi oleh Gyllenhaal untuk memainkan peran ini, gw sempet kepikiran sih apakah film ini sekaligus menjadi 'promosi' nya Gyllenhaal untuk mendapatkan peran super villain nya batman ini di kemudian hari ? entah lah.. 
tapi yang jelas di dunia ini bukan cuma gw seorang yg berpikiran begitu, kemaren sempet googling dan akhirnya nemu ini, taraaaa..


Jake Gyllenhaal Photoshoped to Joker look alike

gimana cocok ?

yah, mungkin itu cuma pikiran gw dan segelintir orang aja sih :p

tapi terlepas dari itu, totalitas lainnya dari seorang Jake Gyllenhall dalam memainkan peran di film ini patut di apresiasi, hal ini ditunjukan lewat beberapa hal seperti menurunkan berat badan sampai 10kg, workout 8 jam per hari, sampai mendapatkan luka jahitan di tangan karena efek dari scene emosional dimana Louis Bloom menghancurkan kaca wastafel, menurut Gyllenhaal dalam scene tersebut dia sangat menjiwai terlalu dalam karakter Louis hingga tidak sadar tangannya robek ketika menghantam kaca tresebut, semua itu dilakukan karena Jake Gyllenhaal menggambarkan karakter Louis Bloom ini sebagai sesosok coyote (Serigala Hutan) yang lapar, luar biasa !
IMHO, tanpa totalitas dan permainan peran yang luar biasa dari Jake Gyllenhaal ini mungkin film ini akan terasa biasa aja

dari segi direksional, film ini merupakan debut bagi sutradara Dan Gilroy dimana sang istri Rene Russo (Nina) juga turut ambil peran disini sebagai lawan main Jake Gyllenhaal, pun begitu dengan penulisan jalan cerita semua ditulis oleh Dan Gilroy sendiri, dimana sebelumnya Gilroy sudah sukses menarik perhatian penonton hollywood lewat karyanya sebagai penulis cerita pada film Real Steel (2011) dan The Bourne Legacy (2012)

overall, film ini cukup menarik kok untuk di tonton, dan menurut gw mesti jadi tontonan wajib buat para pekerja dan penggiat media, gak heran sih temen2 kantor gw pada rekomendasiin film ini

o iya satu pertanyaan gw, kira2 di Indonesia ada gak ya Nightcrawler gini ? :D

IMDB rating : 8.0/10

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar