Salah Satu Kekurangan Internet

By Opie - 2/14/2015 05:04:00 PM

halooo.. wah gak kerasa udah 1 tahun aja gue ga pernah posting lagi,

btw iseng ngecekin draft tulisan, ga sengaja nemu draft sekitar 3 tahun yang lalu ini, jadi yah gue posting aja lah ya postingan baru stok lama ini

*sekalian nyobain blogger apps versi terbaru*

setelah tanda garis dibawah, ini bener2 draft dari 3 tahun yg lalu loh tanpa gue edit lagi, jadi sebener nya di postingan baru ini gue cuma nulis 3 alinea sama yang lagi kalian baca ini, so here we gooo :))



________________________________________




Akhirnya postingan gw tentang komik samurai x tempo hari membuahkan hasil juga.. gw dapet komiknya full set dengan harga yang lumayan miring dan kondisi yang masih lumayan oke loh.. thx to FJB kaskus.. :D


"terus apa hubungannya coi ama judul postingan lu ?"

gak ada, cuma mao pamer doank klo gw lagi baca samurai x.. jahaha :p 

becanda ding, yah basa basi dulu lah maksudnya sebelom ke topik.. ya gak ? :D

oke, masuk ke topik.. mungkin cerita yang bakal gw posting ini udah basi kali ya buat temen2 atau orang2 yang udah kenal gw di real, karena gw udah sering banget ceritain cerita ini sampe muncul komen2 macem ini

"yang di warnet itu ?"
atau
"oh iya tau.."
atau
"oh yg bapak2 itu.."
atau
"itu lagi.. itu lagi.."
dan pamungkasnya
"lo udah sering cerita bego.."

yah jadi kalo ada temen2 gw yg udah tau cerita ini mending di skip aja deh ya postingan gw kali ini, daripada gw di bego2in mulu.. :p

ya pokoknya cerita ini cerita pas jaman gw awal2 kuliah dulu lah sekitar taon 2006-an klo gak salah.
jadi waktu itu di hari sabtu pagi ujan turun rintik2 gw mao berangkat ngampus dengan niatan mao ngeprint tugas dulu di warnet jadi di kampus ntar udah gak ada kerjaan tinggal nongkrong2 doank, soalnya waktu itu kalo gak salah itu tugas tuh tugas kelompok gitu, jadi ya mao gak mao gw musti bela2in print demi kemaslahatan umat.
dan singkat cerita dalam setengah perjalanan dari rumah ke kampus sampe lah gw di warnet yang cukup sering gw datengin, soalnya waktu 2006 dulu internet belom masuk ke rumah gw, jangankan internet, level tertinggi yang pernah dilewatin PC gw aja dimasa itu cuma namatin solitare ampe tumpukan kartunya jatoh2 gitu, jadi ya kalo mao akses internet gw cukup sering lah ke warnet ini.
dan ternyata begitu gw kelar markir motor ujannya malah makin deres, niatan yang tadinya cuma mao 'ngeprint' malah berevolusi jadi 'internetan dulu ah sambil nunggu reda, lagian ni print-an juga tugas jam terakhir ini'

"terus kuliah jam pertamanya gimana coi ?"

ehh.. engg.. itu.. dia.. nggak.. 
udah gak usah dibahas, itu pertanyaan yang tidak relevan !

seperti yang udah bisa ditebak akhirnya gw merealisasikan niatan gw yang udah berevolusi itu, gw masuk bilik warnet terus mulai mainin mainan2 yang lagi happening di masa itu FS, detik, astaga.com, yahoo, ym, mirc, dll
lagi asik2nya browsing tiba2 dari balik sekat nongol pala bapak2 paruh baya kumisan berkacamata tampang bos2 gitu dari bilik sebelah, ini warnet sekatnya emang cuma pake hordeng doank makanya tuh bapak bisa nongolin palanya ke bilik gw, kaget juga awalnya untung gw lagi gak buka situs yang aneh2 :p
terus tuh bapak nanya,

"dek, ini saya mao kirim email kok gak bisa ya ?"

"gak bisa kenapa pak ?"

"gak tau nih, komputernya gak bisa"

ya gw dengan jiwa kemahasiswaan yang siap membantu, mengayomi, dan melindungi masyarakat (ini mahasiswa apa polisi ?) gw bantuin donk tuh bapak, kan kesian kali aja kabel lan nya gak sengaja ketarik kecabut, atau capslock nya kepencet, atau alamat emailnya salah, atau istrinya lupa bayar tagihan PAM 
#eh

akhirnya gw buka deh tuh hordeng antara bilik gw ama bilik dia jadi gw ama si bapak duduk sebelah2an tanpa sekat, terus gw bilang

"gak bisanya kenapa pak ?"

"ini gak bisa login dek"

"username ama passwordnya udah bener pak ?"

"hmmm.. kayanya sih udah bener ya"

gw liat usernamenya dia *********@yahoo.com terus dia kasih tau passwordnya ke gw, coba gw ketik ulang emang bener sih muncul warning "invalid username or password" gw coba tanya lagi buat mastiin ada kesalahan speliing apa nggak, setelah dicek emang gak ada kesalahan sih, terus gw tanya lagi ke dia

"ini sebelom2nya bisa login pak ?"

"ehh.. hmmm.."

"pak, ini sebelomnya bisa login gak ???"

"enggg.. sebelumnya saya blom pernah buka emailnya sih dek"

ya gw mikir mungkin si bapak ini emailnya dibikinin sama anaknya di rumah atau anak buah nya di kantor donk, terus gw tanya lagi

"ohh.. terus dulu yang register bikin emailnya siapa pak ? password ama username nya apa ?"

"haahh.. register ??"

"iya pas daftar emailnya dulu pake username ama passwordnya apa pak ? mungkin gak sama ama yg bapak ketik barusan"

"lah saya sih belum pernah daftar buat bikin emailnya dek"

*gw dalem hati 
"aduh cantiknya kamu pak, kenapa gak ikut audisi AFI aja"

gw lanjut ngomong ke dia

"yah si bapak gimane.. kalo mao kirim email ya mesti punya account email nya dulu pak, daftar dulu gitu di yahoo nya"

"ohhh mesti daftar dulu ya ? terus kalo saya mau daftar ke yahoo nya gimana dek ? sabtu2 gini emang buka kantornya ?"

DUAAARRRRR..

sumpah demi apapun juga gw pengen ngakak disitu saat itu juga, tapi gw mikir selain gak enak sama si bapaknya kayanya gw gak pantes ngetawain orang, waktu itu gw baru kenal dunia internet juga baru dua tahun belakangan, jadi gak pantes lah ngetawain orang apalagi kalo dibandingkan pengalaman gw waktu baru ketemu internet yang sangat tidak layak untuk diceritakan, akhirnya gw menutupi rasa pengen ngakak itu dengan sok2 batuk norak aja.


"ehem.. uhuk.. ohok.. ihik.. ehek.. kalo mao daftar email sih gak perlu ke kantor yahoo nya pak, dari sini juga bisa kan ada nih tulisan sign up, klik aja terus isi semacem formulir online gitu pak"

"ohh gitu abis kata temen saya, saya disuruh ke warnet terus buka yahoomail.com, bikin email, terus kirim file ms.word nya ke email dia, saya pikir kalo ngisi yg kolom username sama passwordnya tadi udah langsung bisa kirim email"

*gw dalem hati
"itu temen situ suruh cuci muka pake kuah rendang aja pak"

tapi belom sempet gw realisasikan ide itu si bapak mulai ngomong lagi,

"terus ini cara daftar nya gimana dek ? bisa bantu saya.."

"ehhh.. engg.. iya deh pak"

dan akhirnya gw bantuin si bapak2 bertampang bos ini bikinin email sampe emailnya udah jadi, masukin attachment ms.word yang dia bawa pake disket terus di send deh ke email temennya, gw pikir tugas gw udah selesai donk.. ternyata bagian paling sulit barulah dimulai.. si bapak mulai nanya yang aneh2..

"oh jadi internet tuh yahoo ini ya dek ?"

"engggg bukan yahoo doank sih pak, banyak website2 lainnya juga"

"website ? website tuh apa nya internet dek ?"

"salah satu komponen dari internet pak", gw jawab ngawur


"ohhh gitu.. terus kalo yahoo ini internet apa website ya ?"

"website pak" 

"nah kalo kata temen saya ada tuh di internet namanya google, katanya apa aja ada disitu ?"

"ohhh google.. itu search engine gitu pak" 

"haahhh ?? search engine itu apa dek ? internet juga ?"

*gw dalem hati
"kampret, gw salah ngomong.. mampus gimana jelasinnya nih.."  

gw lanjutin lagi diluar hati
"google tuh kaya semacem website buat nyari website pak"

*gw dalem hati lagi
"anjirrr begoo.. makin ngablu aja jawaban gw.. gimana reaksi si bapak nih.."  

bener aja dugaan gw, si bapak makin pusing, kalo ada istilah biarkan gambar berbicara maka dalam kasus ini gw bisa bilang biarkan wajah (si bapak) berbicara, sumpe raut muka si bapak waktu itu menunjukan kebingungan stadium jebol (saking tingginya ampe jebol tuh stadium) sayang waktu itu gw mao foto ekspresi si bapak tapi takut digampar, lagian HP gw waktu itu belom ada kameranya masih monokrom item putih, ditengah kebingungan maha dahsyat yang melanda, dia akhirnya melontarkan pertanyaan pamungkas dan termutakhir abad ini..

"dek, sebenernya internet tuh apa sih ?"

JEGEEEEEEERRRRRRRRRR.. 

BUMI GONJANG GANJING 
GATOT KACA DIKEJAR ANJING
LARI TERKENCING-KENCING
GUE JUGA IKUTAN KENCING
PUSING
#kokmalahpantun

waktu itu gw bingung, putus asa, rapuh, terpukul (lebayyy), gw sebenernya ngerti sih apa itu internet.. cuma kalo disuruh jelasin pake kata2 gw sama sekali stuck alias gak bisa neranginnya gimana, gak kepikiran gimana ngedeskripsiinnya, ditambah waktu itu ilmu gw masih cetek walopun sekarang gak kalah ceteknya juga sih..





akhirnya gw beraniin jawab pertanyaan si bapak tentunya dengan jawaban yang asal, bingung, grogi, dan sulit menyusun kata2, karena gw tau jawaban gw ini pasti akhirnya akan membawa si bapak ke kesimpulan gelap yang sesat.

"enggg.. hmmm.. errgghhh.. gimana ya pak.. jadi internet tuh satu jaringan akses gitu pak, ibaratnya kaya kota ada tukang ojek nya pak, nah internet itu tukang ojeknya, kaya sekarang kan bapak buka email yahoo pake username sama password tuh terus kebuka halaman emailnya, berarti dari sini bapak ngirim informasi berupa username sama password email ke server yahoo via internet terus yahoo balik ngirimin konten email nya kesini via internet juga.. mirip kalo kaya bapak ngasih duit ke tukang ojek buat beli duren, terus si tukang ojek pergi kepasar beli duren, lalu durennya dianterin ke rumah bapak"

gw mikir dalam hati
"anjrit bego banget gw.. nyamain internet sama tukang ojek beli duren.. bener2 gak nyambung dan melenceng jauh dari job desc tukang ojek yang harusnya nganterin orang kok malah jadi disuruh beli duren ke pasar.. mampus deh gimana ekspresi si bapak nih.."

pelan2 gw coba ngeliat ekspresi si bapak dan ternyata bener dia lagi pasang tampang muka bingung cengok gak ngerti sambil ngeliatin gw, dengan ekspresi begitu dimata gw keliatannya seolah2 si bapak lagi nanya2 sendiri dalem hatinya.. 
"internet ? tukang ojek ? server ? beli duren ?"
dan akhirnya si bapak terjebak dalam lembah kebingungan yang dalam dan gelap.

gw bingung mesti ngapain, si bapak diem aja masih cengok sambil ngeliatin gw, gw nya gak kalah bego tampang muka gak jelas, ditengah2 suasana awkward itulah ternyata Tuhan memang maha melihat dan maha mengetahui kondisi dan situasi yang lagi dialami oleh umatnya, tiba2 warnet mati lampu dan yang pasti semua komputer mati dan gak bisa akses internet, gw longok keluar warnet ternyata ujan juga udah tinggal gerimis doank, perasaan gw dalem hati pun berubah drastis..



akhirnya gw pamit cabut duluan ke si bapak, sambil memecahkan ke cengok-an nya

"yah mati lampu pak.. ujannya juga udah reda kayanya.. saya duluan ya pak.. masih mao ke kampus nih ada kuliah.." 

"eh.. oh iya.. iya dek.. silakan.. silakan.. makasih ya udah dibantuin kirim email.. biar ntar sewa warnetnya saya yang bayar aja.."

"oh iya.. makasih juga ya pak.."

abis bilang ke mba2 warnet klo si bapak yg bakal bayar bill gw nanti, gw ngambil motor ke parkiran, starter motor, masukin persneling, tancap gas ke kampus, tapi ditengah jalan gw ngerasa  
"kok kaya ada yg kurang ya.."
udah deket kampus baru inget, gw malah lupa niat ngeprint tugas kelompok tadi, dan endingnya ujung2nya gw ngeprint di kampus2 juga.

yup begitulah akhirnya, ternyata dengan segala kecanggihannya yang bisa ini itu internet ternyata punya satu kekurangan yaitu tidak bisa menjelaskan tentang dirinya sendiri kepada orang yg baru belajar, tapi seharusnya itu emang udah tugas manusianya yang harus mencari tahu apa itu internet, ya gak ?
#teoringacogwajasihini

dan pesan moralnya sih dari postingan kali ini jangan pelit2 ngajarin orang karna pasti akan berbuah manis bakal dibayarin warnet.. 
eh gak pasti juga ding, tergantung orangnya.. ya pokoknya gitu lah intinya suatu kebaikan pasti ada balesannya.. :)
#macemorangbeneraje

oh iya sori ya buat temen2 yang lagi dapet tugas dari sekolah/kampus nya disuruh cari kekurangan/kelemahan internet tapi setelah googling malah nyasar ke postingan abal2 gw ini.. karena emang niatnya sedari awal gw bikin postingan ini emang buat ngejebak kalian kok.. hhahahaha..

piss ah.. :p

see u next post :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar